telling you every pieces of knowledges randomly that came out from my brain

Senin, 10 Oktober 2011

Dampak Ketidakselarasan Antara Bhuana Agung dan Bhuana Alit


             Dampak Ketidakselarasan Antara Bhuana Agung dan   
                                Bhuana Alit
Hubungan Bhuana Agung dan Bhuana Alit sama-sama dibentuk oleh Panca Maha Bhuta. Unsur-unsur Panca Maha Bhuta yang terdiri dari Pertiwi (tanah), Apah (zat cari / air), Teja (Panas), Bayu (Udara), dan Akasa (ether).
                Dalam Upanisad (Wedanda)  demikian pula dalam Manawa Dharma Sastra Brahman menguraikan tentang kridanya Brahman, melahirkan unsure Prana (sumber energy) yang sering disamakan dengan Purusa, dan unsur Akasa (sumber materi) yang disamakan dengan Prakerti dan Pradana. Unsur Purusa yang bertemu dengan Prakerti, inilah yang menimbulkan nama dan rupa yang selalu berubah-ubah tergantung dari waktu, tempat, dan sebab.
                Bhuana Agung yang juga disebut Makrokosmos dan Bhuana Alit yang juga disebut Mikrokosmos. Bhuana Agung atau Makrokosmos disebut alam besar sedangkan Bhuana Alit atau Mikrokosmos disebut alam kecil. Disebut alam besar karena menguasai semua jagat raya dan disebut alam kecil karena jasmani manusia adalah bagian dari Bhuana Agung jagat raya.
                Demikianlah ketidakseimbangan antara Bhuana Agung dan Bhuana Alit, yang dapat dibedakan, seperti :
          1. Bhuana Agung yang terdiri dari benda-benda alam atau unsur-unsur alam seperti : Matahari, Bulan, Bintang-bintang yang sifatnya panas dan adanya air laut, air danau, air sungai yang sifatnya cair sedangkan Bhuana Alit terdiri dari darah, kelanjar lendir, serum yang  sifatnya cair dan daging, oto, tulang maupun kulit yang difatnya padat.
                2. Bhuana Agung secara mengkhusus dikuasai oleh Brahman sedangkan Bhuana Alit secara khusus dikuasai oleh Atman yang bersumber pada Paramatman. Sehingga ketidakselarasan atau ketidak harmonisan Bhuana Agung dan Bhuana Alit akan menimbulkan ekses-ekses negatif terutama terasa di Bhuana Alit antara lain berupa sakit kepala, sakit perut, sakit pada tangan, sakit pada kaki dan seterusnya. Sedangkan dalam  Bhuana Agung misalnya gempa bumi, dan kiamat.

1 komentar:

Arsip Blog

Pengikut (Followers)

Laman

Total Tayangan Laman